Simak Penyebab Game Online PC Yang Sering Lag

Game Online PC

Lag menjadi hal yang paling menyebalkan ketika sedang asyik-asyiknya bermain game online PC. Lemot atau bahasa dalam game lag merupakan kondisi di mana eksekusi yang dilakukan tidak sesuai dengan timing sehingga terjadi jeda cukup lama. Kondisi demikian tentu sangatlah merugikan sehingga menjadi musuh bagi para gamers.

Hal merugikan terbesar yang terjadi akibat lag adalah kemungkinan kalah saat bermain game. Upaya disertai strategi yang dilakukan bisa jadi sia-sia ketika dilanda lag. Tak heran jika lag ini benar-benar ditakuti oleh gamers. Meski demikian, kondisi ini memang sulit untuk dihindari namun, bukan berarti tak bisa diatasi.

Setidaknya ada beberapa penyebab dari lag itu sendiri. Dengan Anda mengetahui secara jelas penyebab dari lag, maka solusi pun bisa ditemukan. Jadi jangan emosi terlebih dahulu, ketahui penyebab lag agar kondisi ini pun tak menjadi penghalang Anda ketika bermain game online di kemudian hari.

Penyebab Umum Terjadinya Lag Saat Main Game

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa ada beberapa penyebab lag salah satunya adalah spesifikasi komputer rendah. Komputer menjadi platform penting untuk mendukung Anda bermain game khususnya PC. Komputer berspesifikasi rendah maka kemungkinan besar tak cocok untuk digunakan bermain game tertentu. Sehingga memastikan spek komputer penting untuk menghindari lag.

Penyebab lag selanjutnya adalah file yang berantakan. File berantakan yang tersimpan di di hardisk ternyata berpengaruh besar pada game yang lag. Maka dari itu, solusinya adalah gunakan disk dfragment untuk menata files agar hardisk mudah menemukannya. Namun, ketika Anda menyimpan file game di SSD maka tak perlu di defrag.

Baca juga: Item Mobile Legends Paling Tangguh Untuk Menangkal Damage Besar

Ping terlalu tinggi menjadi penyebab lag game online PC. Ping ini merupakan cepat tidaknya respon antara client dengan server game. Satuannya adalah milisecond (ms). Ketika angka satuan kian kecil maka justru semakin nyaman dan tidak mudah terjadi lag. Begitu juga sebaliknya.

Sementara itu, penyebab lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah gangguan pada server. Server yang sering gangguan agaknya harus Anda hindari karena hanya akan mengganggu ketika main game. Game yang terbilang baru biasanya rawan servernya mengalami gangguan meski koneksi internet Anda sedang lancar.

Dan penyebab terakhir game online PC ngelag adalah bandwidth yang tidak stabil. Bandwidth ini berkaitan erat dengan koneksi internet. Meski demikian, hampir semua game online menggunakan bandwidth kecil dengan ping kecil. Namun, ping sewaktu-waktu bisa naik apabila bandwidth terlalu kecil saat melakukan streaming atau download dalam waktu bersamaan.

Tips Untuk Atasi Lag Pada Game Online

Agar bermain game online semakin lancar maka mengatasi lag adalah pilihan tepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan mengupgrade komponen PC. Setidaknya ada dua kebutuhan spek yang dibutuhkan game yakni CPU bound dan GPU bound. Sehingga ketahui benar-benar PC Anda memenuhi atau tidak.

Baca juga: Fakta Menarik Ragnarok Forever Love, Game Klasik Penuh Keseruan

Cara selanjutnya untuk atasi lag adalah optimalisasi window. Banyak gamers yang tak menyangka jika optimalisasi ini penting dilakukan. Untuk optimalisasi Anda bisa melakukan defrag HDD, membersihkan file sampah, hapus registry, hingga scanning virus. Dengan melakukan optimalisasi pada window tentu kemampuan PC semakin meningkat dan main game semakin nyaman.

Jika dirasa cara tersebut sulit dilakukan maka menggunakan aplikasi anti lag menjadi solusi paling tepat. Pengaruhnya memang tak besar namun, setidaknya bisa dicoba agar processor dan RAM tidak terbebani terlalu berat.  Memakai aplikasi anti lag ini juga digunakan agar bermain game online PC bisa dilakukan pada perangkat dengan RAM kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *